Earphone TWS – Lompatan Teknologi Dalam Audio Mobile

TWS Populer Karena Lebih Simpel Tanpa Kabel

0
32
TWS-earbuds

Earphone TWS mulai populer sejak Apple memperkenalkan Airpods. Teknologi Audio Nirkabel dengan kualitas suara yang mumpuni.

Pun sepertinya, respon pasar mulai beralih ke teknologi ini ketimbang menggunakan Perangkat audio konvensional yang menggunakan kabel.

Mengingat dengan menggunakan TWS, para pengguna akan terhindar dari ribet nya kabel yang menjelimet saat digunakan beraktivitas sambil menikmati musik.

Oke, di artikel kali ini kita akan berkenalan dengan TWS.

Apa Itu TWS?

TWS (True Wireless Stereo) atau TWE (True Wireless Earbuds) merupakan teknologi terbaru perangkat audio. Hal yang paling mengagumkan dari teknologi TWS adalah dari segi konektivitas nya yang menggunakan Bluetooth.

Jangan tanya kualitas suaranya. Dipastikan lebih bagus. TWS memungkinkan memainkan suara dan vokal antara telingan kanan dan kiri secara independen.

Kenapa Banyak Yang Beralih ke TWS?

Fleksibilitas

TWS-bluetoothYa, ini dia alasannya. Tentu saja hal yang tidak akan kita dapat jika kita menggunakan perangkat audio serupa headphone atau earphone berkabel.

Dengan begitu, aktivitas jadi lebih leluasa. Terutama jika kita hendak menikmati musik saat berolah raga. Atau mau tetap terkoneksi panggilan sambil berkendara.

Hal yang ditawarkan TWS adalah gaya hidup menikmati audio yang bebas alias tanpa kabel, dengan kualitas suara yang mumpuni.

Konektivitas dan Daya Tahan Lama

Selain tidak lagi ribet dengan bentangan kabel, TWS juga menawarkan konektivitas yang stabil berkat dukungan teknologi Bluetooth. Yang saat ini, rata-rata sudah menggunakan versi 5.0. Sehingga bisa menangakap gelombang yang cukup jauh, yaitu sekitar 30m an. Not Bad lah.

Selain koneksi, TWS juga memiliki manajemen daya yang baik. Dalam sekali charge penuh, rata-rata produk TWS dengan kualitas yang baik bisa bertahan 12 jam untuk mendengarkan musik dan 180 jam saat standby.

Kemasan Yang Unik

wireless-earbuds-caseTWS biasanya dijual sepaket dengan tempat penyimpanan yang unik. Selain untuk menyimpan, kotak penyerta juga biasanya digunakan sebagai alat untuk melakukan pengisian daya.

Bahkan, pada beberapa merk TWS ternama, earbuds akan otomatis terisi daya saat disimpan pada kotaknya. Beberapa merek bahkan menggunakan fitur wireless charging pada kemasan TWS nya.

Dengan kata lain, selain fast charging, kotak TWS akan melakukan pengisian daya saat kotak tersebut disimpan pada pad pengisi daya nirkabel.

Kelemahan TWS

Kemampuan Noise Reduction

TWS fokusnya memang di design untuk mendengarkan musik dengan kualitas audion yang premium. Namun, ketika digunakan untuk melakukan panggilan telepon, tidak semua TWS mempunyai kemampuan Noise Reduction yang bagus.

Jika tujuanmu membeli TWS untuk sering melakukan panggilan telepon dengan kualitas yang baik, sebaiknya carilah TWS yang bisa menghandle kebutuhan ini.

Relatif Mahal

Sebagai produk yang bisa dikatakan mengadopsi teknologi baru, TWS memiliki rentangan harga yang relatif mahal. Bisa dikatakan hampir 2x lipat dari earphone konvensonal.

Earphone berkabel dengan rentang harga 200 s.d 300 ribu saja sudah cukup bagus. Namun untuk TWS, rentangan harga 500 s.d 800 ribu untuk mendapatkan kualitas yang sama serta dengan berbagai kelebihan penyerta lain nya.

FAQ Seputar TWS

Bedanya TWS dan Wireless Headphone?

Ini yang sering bikin bingung. TWS dan Wireless Headphone beda nya apa?

OK, Kita sudah tahu di atas bahwa TWS hanya menggunakan koneksi Bluetooth sebagai media konektivitas nya. Sementara Wireless Headphone, biasanya perangkat audio yang masih memiliki kabel, namun sudah bisa menggunakan koneksi Bluetooth juga.

Bagaimana cara mengisi Daya Batere pada TWS?

Cukup mudah dan praktis. Cukup simpan earbuds TWS pada kotaknya. Dan sambungkan kotaknya dengan perangkat pengisi daya. Ada pula beberapa Jenis TWS yang otomatis mengisi daya saat earbuds disimpan.

Kapan kita saat terbaik kita menggunakan TWS?

  • Saat berolah raga. Baik olahraga fitness di Gym atau pun di rumah saja. Bisa juga digunakan pada saat olahraga outdoor. Seperti Lari atau sekedar Jogging saja. Perhatian: Demi keamanan pengguna, pastikan saat kita menggunakan TWS diluar, kita masih bisa mendengar kondisi lalulintas jalan raya.
  • Saat anda perlu fokus. Dalam artian, saat kita hendak menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan fokus penuh. Seperti online meeting, Online Course atau apapun yang menuntut anda fokus tanpa adanya gangguan dari suara lain.
  • Menjawab Telepon. Maksudnya menjawab telepon sambil melakukan kegiatan lain. Seperti bekerja, membawa kendaraan atau pun lain nya.
  • Saat Traveling. Mendengarkan musik saat anda diperjalanan memang sangat mengasyikan bukan? Ya, dengan TWS anda akan disuguhi sajian musik kualitas premium.

Cara Merawat TWS Agar Awet

  1. Hindari Guyuran Air. Seperti halnya perangkat elektronik lain, TWS memiliki kelemahan terhadap air. Kecuali untuk beberapa jenis TWS dengan Rating IPX diatas 7, biasanya memiliki ketahan terhadap percikan air dan keringat. Ingat, hanya percikan. Ini bukan berarti alat tersebut bisa dipake berenang atau hujan-hujanan ya..
  2. Hindari dari Suhu yang Ekstrim. Perangkat TWS memiliki komponen batere yang bekerja pada suhu normal. Jika didekatkan dengan suhu yang terlalu panas, umur batere tidak akan bertahan lama. Dengan kata lain, Alatnya akan cepat rusak.
  3.  Jangan membongkar Alat TWS. Jika tidak memiliki kemampuan khusus, jangan membongkar alat TWS sendiri, bahkan jika terjadi gangguan fungsi alat. Ini akan membatalkan garansi alat jika anda melakukan nya sendiri.

Kesimpulan

TWS merupakan alat pendengar musik yang revolusioner. Alat yang layak dicoba bagi anda yang punya mobilitas tinggi, namun tetap ingin menikmati musik tanpa diribetkan oleh kabel yang mengganggu.

Selain bentuknya yang ringkas, praktis dan fleksibel, TWS memiliki teknologi audio terkini yang mumpuni. Cocok bagi anda yang berjiwa muda, techy dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here