Suaratekno.com – Google merupakan salah satu situs pencarian terbesar di dunia yang membantu banyak orang dalam menemukan sesuatu yang penting dan sedang dibutuhkan.

Kamu hanya cukup mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu agar bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Namun Google sendiri mempunyai fitur menarik lain, dimana kamu dapat mencari informasi dengan gambar di Google.

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran mencari sebuat informasi dengan menggunakan gambar di Google maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mencari dengan Gambar di Google

  1. Pertama, kamu dapat memilih gambar yang ingin diambil informasinya
  2. Setelah gambar ditentukan, maka kamu dapat membuka browser (Google Chrome, Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan lainnya) di komputer atau laptop
  3. Setelah browser terbuka, maka kamu dapat langsung mengetikkan https://www.google.com/ untuk mengunjungi situs Google
  4. Setelah situs Google terbuka, maka kamu dapat langsung memilih menu Gambardi pojok kanan atas
  5. Setelah masuk ke halaman Gambar, maka kamu dapat ke menu Search yang berada di bawah logo Google gambar
  6. Pada menu Search, kamu dapat memilih tombol berikon berlambang kamerauntuk mengunggah foto
  7. Setelah tombol ditekan, maka kamu akan dihadapkan pada kotak dialog Telusuri gambar
  8. Pada kotak dialog ini, kamu akan melihat tab Tempel URL Gambar dan Upload Gambar
  9. Dalam tutorial ini, saya menggunakan Upload Gambar dan langsung menekan tombol Browse untuk mencari gambar di komputer atau laptop
  10. Setelah gambar dipilih, maka kamu dapat menekan tombol Open
  11. Selanjutnya, Google akan mencari gambar tersebut
  12. Apabila pencarian selesai, maka kamu akan dihadapkan pada gambar-gambar dan situs yang berhubungan dengan gambar yang tadi diunggah.

Sekilas, menu Tempel URL Gambar memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian dengan hanya menyematkan link atau tautan gambar dari situs yang ditemukan. Sedangkan Upload Gambar mengizinkan kamu untuk melakukan pencarian dengan mengunggah atau upload gambar dari komputer atau laptop yang dimiliki.

Bisa dibilang pencarian informasi menggunakan gambar di Google ini cukup praktis apabila kamu hanya memiliki petunjuk gambar tanpa adanya keterangan sama sekali. Namun perlu diingat, algoritma Google hanya mencari gambar yang dirasanya mirip sehingga jika gambarnya tidak mampu dicari Google maka tidak akan muncul informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here