Sebagai salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat besar, WhatsApp tentu memiliki kebijakan yang jika dilanggar bisa menyebabkan akun atau nomor telepon pengguna terblokir.

Saat ini, terdapat dua jenis pemblokiran yang akan diterapkan oleh WhatsApp dalam hal ini. Pelanggaran tertentu dapat menyebabkan pemblokiran akun sementara, namun beberapa lainnya bisa menyebabkan pemblokiran permanen.

Untuk pemblokiran akun permanen, biasanya akan ditandai dengan munculnya pesan peringatan “Nomor telepon Anda diblokir dari menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.”

Sedangkan untuk pemblokiran akun sementara, biasanya akan ditandai dengan pesan “Diblokir sementara.” yang muncul pada saat pengguna mengakses aplikasi tersebut.

Kenapa Nomor Telepon Diblokir dari Menggunakan WhatsApp?

Secara umum, Tidak ada penyebab lain yang bisa membuat akun terblokir, kecuali pengguna telah melanggar salah satu dari beberapa hal yang telah diatur di dalam halaman Ketentuan Layanan WhatsApp.

Beberapa di antaranya termasuk seperti berikut di bawah ini:

  • Melakukan aktivitas yang mencurigakan, seperti mengirim pesan broadcast secara berlebihan ke banyak orang di luar kontak
  • Melanggar jenis konten yang diizinkan WhatsApp, seperti menyebarkan hoax atau pornografi
  • Diblokir oleh banyak orang dalam waktu yang sama
  • Menggunakan aplikasi ilegal untuk mendapatkan fitur lebih

Cara Mengatasi Nomor Telepon Diblokir dari Menggunakan WhatsApp

Agar akun WhatsApp bisa digunakan lagi, pengguna perlu mengatasinya sesuai dengan jenis pemblokiran yang diberlakukan. Secara khusus, pemblokiran permanen membutuhkan usaha yang lebih besar.

Untuk mengatasi pemblokiran secara permanen, pengguna bisa mengambil screenshot pesan, kemudian mengetuk tombol Hubungi dukungan untuk bantuan. Dari halaman Bantuan, kemudian pilih Hubungi kami.

Kenapa Nomor Telepon Diblokir dari Menggunakan WhatsApp

Selanjutnya jelaskan permasalahan pemblokiran tersebut termasuk dengan menyertakan alasan dan penjelasan kenapa melakukan tindakan yang menyebabkan akun diblokir. Sertakan juga screenshot pesan pemblokiran, lalu tekan tombol LANJUT.

Pengguna secara otomatis akan dilempar ke halaman FAQ atau pusat bantuan. Dari halaman ini, kemudian pilih opsi Ini TIDAK MENJAWAB PERTANYAAN SAYA. Selanjutnya, dari aplikasi email, kirim pesan ke alamat email yang ditampilkan.

Email yang dikirim akan dievaluasi oleh WhatsApp. Namun jangan terlalu berharap banyak dulu, karena bisa saja akun tersebut tetap akan diblokir berdasarkan evaluasi tersebut.

Sementara untuk pemblokiran akun sementara, pengguna hanya perlu menunggu waktu pemblokirannya habis. Namun bagi pengguna yang diblokir karena aplikasi ilegal seperti GBWhatsApp atau WhatsApp Plus, pengguna perlu beralih ke aplikasi resmi.

Pesan saya, lebih baik tidak melakukan hal-hal yang melanggar kebijakan WhatsApp supaya akun tidak terblokir karena mengurus akun yang terblokir bisa memakan waktu cukup lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here