Samsung digugat oleh Lembaga perlindungan konsumen Australia(ACCC), mereka menuduh produsen asal korea Selatan itu dengan tuduhan telah membohongi dan menyesatkan publik pada iklan-iklan mereka yang mana perusahaan mengklaim bahwa jajaran dari smartphone seri Galaxy buatan mereka telah tahan air. Samsung Australia digugat oleh lembaga tersebut pada kamis (4/7/2019) lalu.

Pada iklan yang yang digugat lembaga perlindungan konsumen Australia atau ACCC menggugat bahwa Samsung tidak benar-benar pernah menguji produknya itu tahan air tawar dan air laut dan pengaruhnya pada ponsel tersebut. Sebelumnya Samsung pada iklan mereka telah mengklaim bahwa produk mereka dapat berjalan didalam air tawar maupun air laut.

“ACCC menuduh iklan Samsung yang ditayangkan secara salah dan keliru menampilkan ponsel Galaxy akan cocok untuk digunakan di, atau terkena pemaparan, semua jenis air … Padahal sebenarnya tidak begitu,” kata Ketua ACCC Rod Sims dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters pekan lalu.

“Samsung menunjukkan telepon Galaxy yang digunakan dalam situasi yang seharusnya tidak bisa dilakukan, untuk menarik pelanggan,” tambah Sims. “Kami percaya, iklan Samsung membohongi konsumen dan memberi Samsung keunggulan kompetitif yang tidak adil.” dikutip dari CNBC (4/7/2019).

Sebelumnya ACCC dalam pernyataanya telah meneliti lebih dari 300 iklan Samsung, dan jika pengadilan menerima gugatan ini maka Samsung akan diwajibkan untuk membayar denda hingga jutaan dollar.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Samsung mengalami hal seperti ini, sebelumnya pada 2016 tudingan yang sama pernah muncul terkait klaim tahan air dari ponsel keluaran Samsung. Pada saat itu majalah asal Amerika yaitu Consumer Report melaporkan bahwa Samsung Galaxy s7 yang bisa bertahan dalam akuarium ternyata mati saat direndam dalam air.

ACCC juga menemukan bahwa banyak pelanggan yang mengalami kerusakan setelah merendam ponsel mereka kedalam air, namun alih-alih menerima garansi tersebut, pihak Samsung justru menolak klaim garansi dari produk tersebut dan mereka malah mengatakan bahwa kebeberapa pemilik model Galaxy produk-produk mereka tidak cocok untuk digunakan dikolam atau di pantai, maka secara tidak langsung mereka mengatakan bahwa air dapat merusak produk mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here