Sebentar lagi, Apple akan mengadakan konferensi WWDC2019 di San Jose, AS pada 3 Juni. Di acara ini, Apple akan mengumumkan iOS 13, MacOS 10.15, dan WatchOS 6. Ini berarti banyak produk Apple akan mendapatkan versi yang lebih baru. Tetapi dikatakan bahwa iOS 13 tidak akan lagi mendukung sejumlah model lama, termasuk iPhone 6 terlaris.

Menurut beberapa sumber, iOS 13 tidak akan mendukung iPhone SE, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPad mini 2i dan produk lama lainnya. Dengan kata lain, semua smartphone yang menggunakan prosesor A9 akan dikecualikan. Namun, tidak ada informasi apakah ini memiliki alasan teknis atau tidak, tetapi satu hal yang jelas jika kamu ingin tetap mendapatkan dukungan dari Apple maka kamu harus membeli model yang lebih baru.

Tindakan ini bisa dimaklumi, mengingat kompatibilitas yang besar akan membuat software mereka harus lebih menyesuaikan dengan perangkat mereka yang sudah lawas, dan pengembangan sisi aplikasi yang sesuai juga perlu menyesuaikan lebih banyak produk, tentu saja merupakan pekerjaan yang rumit dan besar. Secara tidak langsung Apple juga menyuruh untuk mengganti ke produk mereka yang lebih baru.

Apple sendiri mempunyai sebuah sejarah pada penjualan iPhone mereka, mereka meraih penjualan terbesar pada seri iPhone 6 mereka. Ponsel ini telah terjual lebih dari 240 juta unit di seluruh dunia. Ini adalah ponsel terlaris Apple, dan masih banyak orang yang menggunakannya sampai sekarang. Semua pengguna ini adalah pembeli potensial, dan jika mereka semua mengganti iPhone baru, ini akan sangat meningkatkan penjualan Apple.

Namun, kini Apple telah kehilangan dominasinya. Walaupun mereka merilis tiga produk baru yang diluncurkan tahun lalu, namun itu tidak bisa dibilang sukses dan tingginya harga membuat mereka dikritik oleh banyak pihak. Terlebih saat ini banyak sekali gempuran dari vendor-vendor keluaran China yang lebih wah, nampaknya kini makin susah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here